Senin, 21 Oktober 2019

Evolusi Komputer dari generasi pertama sampai sekarang


Seiring dengan perkembangan zaman, hingga sampai saat ini perkembangan komputer tak terbendung lagi. Komputer sendiri memiliki definisi suatu alat yang terdiri dari alat input, alat proses dan alat output yang bekerja sesuai perintah untuk tujuan tertentu.
Menurut beberapa sumber, komputer pertama kali diciptakan oleh seorang yang bernama Charles Babbage. Berawal dari penemuannya, dia menciptakan suatu alat hitung sederhana yang merupakan cikal bakal adanya komputer hingga saat ini. Berkat penemuannya tersebut, menjadikan Charles Babbage menjadi orang yang sangat berpengaruh dalam sejarah perkembangan komputer.
Dari penemuan tersebut, Charles Babbage memberi nama alat tersebut Difference Engine no 1. Difference Engine no 1 adalah kalkulator otomatis pertama yang memudahkan dalam pekerjaan perhitungan. Pada saat itu, penemuan Charles Babbage adalah penemuan yang fenomenal di dunia yang memberikan pengaruh besar terhadap sejarah perkembangan komputer hingga sekarang. Atas penemuannya tersebut Charles pun dinobatkan sebagai Bapak Komputer atau orang yang menemukan komputer.
Sejarah Awal Komputer
Berdasarkan sejarah perkembangannya, komputer dibagi kedalam lima generasi. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak penjelasan dari kelima generasi komputer tersebut.


1.   Komputer Generasi Pertama (1944 – 1959)
 



Komputer generasi pertama ini dikenal dengan sebutan ENIAC yang merupakan singkatan dari Electronic Numerical Intergrator And Computer yang secara bahasa memiliki arti “Alat elektronik penghitung dan integrasi numerik”.

Komputer generasi pertama ini dibuat oleh seorang penemu bernama John Mauchy dan J. Presper Eckert  di University of Pennsylvania. Kedua penemu ini merakit ENIAC dengan menggunakan tabung vakum berjumlah 18.000 dengan total ukuran semua tabung vakum sebesar 1800 kaki dengan berat keseluruhan tabung vakum sekitar 30000 kilogram.
Bukan hanya serumit itu, komputer generasi pertama ini juga membutuhkan ruang seluas 500m3dengan 75.000 relay dan saklar, reseitor berjumlah 70.000 dan kapasitor yang dibutuhkan berjumlah 10.000. Dengan komponen sebanyak ini komputer ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilo watt.

Komputer generasi pertama ini digunakan pertama kali untuk menjalankan perangkat lunak untuk melakukan desain pesawat dan peluru kendali. Perangkat lunak pertama ini pertama kali dikembangkan oleh seorang ilmuwan bernama Konrad Zuse yang memiliki kewarganegaraan Jerman.

Seorang ilmuwan yang juga dari University of Pennsylvania bernama John Von Neuman pada tahun 1940-an bersama timnya berhasil membangun konsep baru desain komputer bernama EDVAC (Electronic Discrete Variable utomatic Computer). Konsep desain komputer baru ini dipakai hingga 40 tahun kemudian. Pada konsep desain EDVAC ini menggunakan perangkat memori untuk menampung program maupun menyimpan data. Dengan menggunakan konsep perakitan memori seperti ini memungkinkan pengguna komputer berhenti dan menyimpan pekerjaannya dan melanjutkannya kembali.

Yang berperan utama dalam konsep rakitan Von Neumann adalah prosessor atau yang dikanal sebagai CPU (Central Processing Unit). Dengan adanya CPU, seluruh fungsi komputer dikordinasikan oleh satu perangkat tunggal. CPU ini adalah ciri-ciri dari komputer generasi pertama.

Ciri khusus dari komputer generasi pertama adalah perintah dalam pengoperasiannya dibuat khusus untuk satu fungsi tertentu. Setiap tugas yang berbeda memiliki perintahnya sendiri-sendiri yang disebut dengan bahasa mesin (Machine language). Hal ini menyebabkan pemrogaman komputer sangat rumit dan kecepatan prosesnya pun terbatas.



2.   Komputer Generasi ke-dua (1960 – 1964 )




Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastic.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.
Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industr peranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
 

3.   Komputer Generasi ke-tiga  (1964-1975)





Generasi Komputer ketiga diawali pada tahun 1965, pada masa itu komputer dibuat menggunakan Integrated Circuit (ICs). Teknologi sirkuit terintegrasi ini, menggeser peran transistor sebagai komponen dasar komputer pada masa itu. Tapi transistor masih tetap digunakan, hanya saja ukurannya sudah diperkecil. Beberapa transistor berukuran kecil tersebut, di letakkan pada sebuah IC, bersama dengan resistor dan juga kapasitor.

Jack Kilby adalah seorang insinyur listrik, yang berhasil mengembangkan IC pertama kali. Dari penemuannya itu, Jack Kilby diberikan hadiah nobel. Karena temuannya tersebut, berhasil meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer secara signifikan. Integrated Circuit ini juga berhasil membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Komputer generasi ketiga menjadi komputer pertama, yang memungkinkan operator berinteraksi dengan menggunakan keyboard, serta monitor dengan tampilan sistem operasi di dalamnya. Selain itu, komputer pada generasi ini menghabiskan biaya pembuatan yang lebih murah, sehingga bisa di jangkau oleh masyarakat umum.

Komputer generasi ketiga adalah perkembangan yang melalui tahap yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970 an. Dalam penggunaannya, transistor menjadikan kinerja komputer lebih cepat panas. Sehingga, membuat komputer generasi kedua mulai ditinggalkan.

Kemudian salah satu seorang ilmuwan bernama Jack Billy, mencoba kembali melakukan penelitian. Pada generasi ketiga inilah sejarah komputer teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi salah satu ciri utama. Karena mulai familiar dan banyak digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang.
IC dibuat pertama kali oleh seorang bernama, Texas Istruments dan Fairchild Semi konduktor pada tahun 1959 yang berisi hanya enam transistor saja. Bisa kita coba bandingkan dengan prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor.

Bahkan sudah di desain prosesor yang mempunyai miliaran transistor. Perkembangan ini memang sangat luar biasa apalagi dengan masa yang kurang dari setengah abad. Komputer yang di ciptakan pada generasi ketiga yakni PDP-11, PDP-8, 7000, NCR Century, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 7700, 6700, UNIVAC 1108, IBM S/360, CDC 3000, 6000 dan juga GE 600. Itu semua merupakan komputer yang mana hasil produksi dari pabrik digital equipment corporation.

Jadi bisa di pastikan jika ukuran dari komputer jauh lebih simpel dan juga kecil. Untuk komputer generasi yang ketiga ini memang akan jauh lebih cepat pada sektor sistem operasi serta dapat menjalankan sebagian program dengan bersamaan.



4.   Komputer generasi ke-empat (1975 – Sekarang)



 
Perbedaan utama antara komputer generasi ini dengan generasi sebelumnya adalah pada komponen Integrated Circuit  yang lebih rumit dan lebih terintegrasi. Integrated Circuit yang dikembangkan oleh perusahaan Very Large Scale Integration sejak tahun 1980an dapat menghasilkan chip yang dapat menampung hingga ribuan komponen, sedangkan generasi sebelumnya hanya bisa menampung beberapa komponen saja.
Sebenarnya  semenjak tahun 1970 sudah muncul dua perkembangan komputer yang dianggap komputer generasi keempat. Yang pertama komputer dengan menggunakan Large Scale Integration yang merupakan serangkaian pemadatan ribuan chip Integrated Circuit yang dijadikan pada sebuah keping IC chip. LSI ini kemudian dikembangkan menjadi VLSI yang memuat puluhan hingga ratusan ribu chip Integrated Circuit.

VLSI  kemudian terus dikembangkan menjadi sebuah komputer mikro dengan semikonduktor dan otak pemrosesan data berupa mikroprosesor. Mikroprosesor juga berfungsi sebagai memori sementara yang bersifat internal.
Perusahaan Intel telah meluncurkan mikrokomputer sejak tahun 1971 dengan nama 4004 yang tersusun atas 230 transistor dengan kecepatan pemrosesan sebesar 108 KHz. Mikrokomputer ini dapat memproses hingga 60.000 tugas setiap detiknya.

Pada 1972 Intel melanjutkan pengembangan mikrokomputer dengan nama 8008 yang mampu mengolah data 8 bit pada waktu yang sama. Mikroprosesor ini kemudian ditingkatkan menjadi seri 8080 yang diluncurkan tahun 1974. Prosesor 8080 ini dianggap sebagai prosesor pertama yang dapat digunakan untuk tujuan umum.

Komputer pada generasi ini masih memiliki tampilan satu warna pada monitornya sehingga belum banyak digunakan untuk tujuan multimedia. Beberapa tipe komputer yang terkenal pada generasi ini adalah Apple I, IBM 370, VisiCalc, PDP-11, dan Altair. Sistem operasi yang digunakan pada komputer generasi ini adalah Control Program for Microprocessor (CP/M) dengan bahasa program berupa Microsoft Basic.

Pada generasi keempat ini muncul istilah PC (Personal Computer)yang artinya komputer personal. Istilah ini merujuk untuk komputer yang fungsinya digunakan untuk perseorangan bukan hanya untuk keperluan instansi atau lembaga.


 
5.   Komputer generasi ke-lima (Sekarang)



Komputer yang ada pada generasi kelima ini sebetulnya memang masih pada tahap pembangunan. Dimana komputer generasi ini nantinya akan mempunyai teknologi yang akan dibuat dengan berdasarkan dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Pengembangan dari komputer generasi kelima ini juga memiliki tujuan untuk bisa menghasilkan sebuah perangkat komputer yang bisa merespon, apa yang di input juga memakai bahasa yang digunakan oleh manusia. Bukan hanya itu saja, komputer generasi ini diharapkan untuk dapat mempelajari lingkungan yang ada di sekitarnya dan bisa menyesuaikan dirinya sendiri.

Kunci utama untuk bisa mengembangkan komputer pada generasi kelima adalah komputer kuantum, molekuler dan juga nano teknologi. Sehingga komputer ini pun dapat mempunyai kecerdasan dalam buatan yang setara dengan kecerdasan dari manusia. Generasi kelima ini juga memiliki ciri khusus seperti halnya generasi yang sebelumnya.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:

  • Komputer masih memakai teknologi LSI yang pastinya akan mempunyai banyak pengembangan.
  • Komputer memiliki fitur yang semakin banyak setiap tahunnya.
  • Akan jauh lebih cepat untuk pemrosesan informasi.

Secara prinsip ciri dari komputer pada masa ini yang akan datang memang jauh lebih canggih dan harga untuk mendapatkannya juga lebih murah. Serta komputer mempunyai kemampuan untuk mendengar, melihat, berbicara dan jauh lebih canggih lagi. Bahkan dapat membuat kesimpulan layaknya manusia.

Hal ini menandakan jika komputer pada generasi kelima mempunyai kecerdasan buatan, dimana mendekati kemampuan serta perilaku mirip manusia. Kelebihan yang lainnya, kecerdasan ini mampu untuk memprediksi sebuah kejadian yang mungkin akan terjadi. Dapat melakukan komunikasi dengan manusia secara langsung, bentuknya juga kian mengecil.



Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar